back to top
Rp0

Tidak ada produk di keranjang.

InspirasiNusantara.id “MENGEDUKASI, MENGINSPIRASI, MENGGERAKKAN”
25.6 C
Jakarta
Rp0

Tidak ada produk di keranjang.

Jadilah Member Kami

Dapatkan konten Eksklusif yang menarik

― Advertisement ―

spot_img

Bapenda Makassar Lakukan Penertiban Reklame Ilegal

MAKASSAR, Inspirasinusantara.id – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar kembali melakukan penertiban terhadap reklame ilegal yang tidak membayar pajak dan melanggar aturan perizinan. Penertiban ini...
BerandaPemerintahanEmpat Hari Tanpa Air, Warga Ranggoon Permai Keluhkan Layanan PDAM

Empat Hari Tanpa Air, Warga Ranggoon Permai Keluhkan Layanan PDAM

MAKASSAR, Inspirasinusantara.id – Warga kompleks perumahan Ranggoon Permai, Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, mengeluhkan tidak mengalirnya air PDAM sejak empat hari terakhir.

Kondisi ini membuat aktivitas rumah tangga warga terganggu dan menimbulkan keresahan.

Baca juga: Jejak Karbon Tersembunyi di Balik Gemericik Air Wastafel 

Keluhan warga mencuat karena air PDAM belum juga mengalir sejak Jumat pekan lalu 11 Juli 2025.

“Belumpi mengalir, sudah empat harimi,” kata seorang petugas keamanan kompleks, Senin tadi (14/7/2025).

Salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya mengatakan, pihak PDAM pernah berjanji akan mengirimkan air tangki, namun hingga kini belum terealisasi.

“Katanya mau bawa tangki, tapi belumpi datang sampai sekarang,” ujarnya.

Keluhan serupa juga disampaikan warga Blok D nomor 2, yang menyebut air di rumahnya hanya mengalir jika menggunakan bantuan mesin pompa.

“Kalau di rumah jalanmi, tapi harus pakai mesin,” katanya.

Asri, warga lainnya, mengaku sangat kesulitan karena air di rumahnya tidak mengalir sama sekali. Ia menyayangkan sikap PDAM yang tidak transparan soal durasi perbaikan.

“PDAM perbaikan katanya dua hari, ini sudah empat harimi air tidak jalan,” ungkap Asri.

Ia juga menyoroti ketimpangan perlakuan antara pelanggan dan pihak PDAM dalam hal pembayaran.

“Baru kalau telat satu hari saja bayar, langsung didenda,” tambahnya.

Akibat kondisi ini, sebagian warga terpaksa membeli air galon untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Mereka berharap PDAM segera menindaklanjuti keluhan tersebut dan memberi solusi cepat.

Saat dikonfirmasi melalui Via WhatsApp, Kabag Humas PDAM Kota Makassar, Fazad Azizah menyatakan PDAM kembali melakukan pengerjaan jaringan pipa distribusi utama di Jalan Beringin, Kabupaten Gowa, pada titik yang berdekatan dengan lokasi pengerjaan sebelumnya, senin (14/7/2025) malam.

Ia menambahkan Pengerjaan ini dilakukan menyusul ditemukannya kebocoran baru, yang menyebabkan terganggunya proses normalisasi distribusi air bersih.

“Pipa yang dikerjakan berukuran 600 mm dengan panjang 12 meter. Pengerjaan dimulai pada Minggu, 13 Juli 2025, pukul 19.00 WITA, dan diperkirakan selesai dalam waktu 2×24 jam” pungkasnya.

Adapun wilayah terdampak dalam pengerjaan ini meliputi:

Minasa Upa Blok AB dan sekitarnya

Graha Lestari dan sekitarnya

Tamangapa Raya dan sekitarnya

Perumahan Makkio Baji dan sekitarnya

Ujung Bori dan sekitarnya

Perumahan Angin Mamiri

Perumahan Delman

Perumahan Gosen dan sekitarnya

Perumahan Balmond dan sekitarnya

Lorong Vespa dan sekitarnya

Perumahan Hijau Lestari dan sekitarnya

Perumahan Bosowa Permai

Aroepala

Perumahan Helmin Residence

Sebelumnya, PDAM Kota Makassar melalui akun Instagram resminya mengumumkan adanya perbaikan kebocoran pipa di Jalan Beringin, Kabupaten Gowa, pada Jumat (11/7/2025). (Andi/IN)