TikTok dan Instagram Kalah Saing, YouTube Tetap Dominasi Pilihan Media Sosial Gen Z

TikTok dan Instagram Kalah Saing, YouTube Tetap Dominasi Pilihan Media Sosial Gen Z
ILUSTRASI. TikTok dan Instagram Kalah Saing, YouTube Tetap Dominasi Pilihan Media Sosial Gen Z. (foto:istimewa)

INSPIRASI NUSANTARA –TikTok dan Instagram, meski populer di kalangan Generasi Z atau Gen Z faktanya masih kalah saing dengan YouTube.

Generasi Z di Amerika Serikat (AS) masih memilih YouTube sebagai platform media sosial favorit, mengalahkan TikTok dan Instagram yang belakangan ini populer. Fakta tersebut diungkap dalam laporan terbaru Pew Research Center, yang mengadakan survei terhadap remaja berusia 13-17 tahun pada periode 18 September hingga 10 Oktober 2024.

Menurut laporan itu, 9 dari 10 remaja menggunakan YouTube. Meski begitu, angka ini mengalami penurunan dari survei tahun 2022, yang mencatat 95% pengguna di kelompok usia yang sama.

Lebih lanjut, survei tersebut menunjukkan bahwa 73% remaja menggunakan YouTube setiap hari, dengan 15% di antaranya mengaku mengakses platform tersebut “hampir konstan.”

Sementara itu, TikTok dan Instagram tetap banyak digunakan, dengan sekitar 6 dari 10 remaja memilih kedua platform tersebut. Snapchat berada di peringkat berikutnya dengan 55% pengguna.

Namun, media sosial seperti Facebook dan X (sebelumnya Twitter) mengalami penurunan signifikan dalam satu dekade terakhir. Hanya 32% remaja yang masih menggunakan Facebook, turun drastis hingga 71% dari sepuluh tahun lalu. Pengguna X juga anjlok dari 33% menjadi 17% di tahun ini.

Meski WhatsApp cukup populer di kalangan pengguna global, aplikasi ini belum menjadi pilihan utama Gen Z di AS. Hanya 23% remaja yang menggunakannya, meski ada peningkatan 6% dibandingkan 2022. Sementara itu, Thread—platform baru milik Meta yang baru berusia setahun—hanya digunakan oleh 6% remaja AS.

Survei ini mencerminkan tren media sosial di kalangan remaja yang terus berubah seiring perkembangan teknologi. Dengan dominasi YouTube, platform berbagi video ini masih menjadi favorit karena kemampuannya menyediakan konten hiburan dan edukasi yang luas.

Namun, persaingan tetap ketat di antara platform lain seperti TikTok dan Instagram, yang terus berinovasi untuk menarik perhatian generasi muda. (*/IN)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *