IN, JAKARTA — Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bersama Wadhwani Foundation (WF) meluncurkan program pelatihan berbasis kecerdasan artifisial (AI) untuk menyiapkan generasi muda menghadapi pasar kerja yang semakin kompetitif. Fitur pelatihan ini dapat diakses secara gratis melalui aplikasi myIM3 dari IM3 dan bima+ dari Tri.
Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi strategis yang dimulai sejak Januari 2025 dan menjadi bentuk nyata komitmen Indosat dalam memperluas akses pelatihan digital yang relevan bagi generasi muda Indonesia. Data Statistik Indonesia 2025 mencatat lebih dari 7,4 juta pencari kerja, menunjukkan urgensi akan pengembangan keterampilan baru dan kesiapan kerja yang lebih baik.
Program pelatihan digital ini memberikan akses modul pelatihan soft skill, kesiapan kerja, hingga perangkat berbasis AI yang mendukung para pencari kerja, profesional muda, dan wirausahawan dalam meningkatkan daya saing mereka. Semua konten pelatihan dirancang agar mudah diakses, baik dari perkotaan maupun wilayah rural, demi pemerataan kesempatan belajar dan pengembangan diri.
Indosat menghadirkan pelatihan ini melalui dua brand utama, IM3 dan Tri, yang akan mempromosikannya secara luas kepada pengguna. IM3 akan mengintegrasikannya ke dalam program Collabonation, sementara Tri melalui gerakan Generasi Happy, yang fokus mendukung aktivitas generasi muda di dunia digital.
“Generasi muda merupakan kunci dalam membangun masa depan yang inklusif dan berkelanjutan. Di Indosat, kami percaya bahwa setiap orang berhak mendapatkan kesempatan yang sama. Melalui inisiatif ini, kami berkomitmen untuk mengembangkan keterampilan digital masyarakat Indonesia di mana pun mereka berada. Ini sejalan dengan tujuan besar Indosat untuk memberdayakan Indonesia,” ujar Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.
Baca juga : Indosat Ooredoo Hutchison Kolaborasi dengan Siloam Permudah Ibadah Haji
myIM3 dan bima+ Kini Jadi Wadah Belajar
Tidak hanya menjadi layanan telekomunikasi, kini aplikasi myIM3 dan bima+ bertransformasi sebagai wadah pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Platform ini memperkaya ekosistem digital Indosat dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan.
Indosat dan Wadhwani Foundation juga berencana memperkuat kolaborasi dengan universitas serta sekolah di seluruh Indonesia, untuk mendorong siswa dalam mengembangkan keterampilan digital yang sesuai dengan dunia kerja masa depan.
Ajay Kela, President and Chief Executive Officer Wadhwani Foundation, menyatakan, “Selama lebih dari dua dekade sejak didirikan pada tahun 2001, Wadhwani Foundation berkomitmen mendorong pertumbuhan lapangan kerja dan membantu jutaan orang meraih penghasilan layak demi kesejahteraan hidup yang lebih baik. Kolaborasi dengan Indosat merupakan wujud nyata komitmen kami untuk mendorong perubahan sosial melalui pemberdayaan keterampilan lewat Wadhwani Skilling Network (WSN) dan Wadhwani Entrepreneurship Network (WEN). Kami percaya, semua orang perlu merasakan manfaat dunia digital, dan teknologi berperan penting sebagai jembatan yang membuka peluang tersebut. Kemitraan dengan Indosat memungkinkan kami menjangkau jutaan pengguna secara langsung dan memberikan akses pembelajaran secara mudah, cepat, dan efektif.”
Wadhwani Foundation telah membantu para pencari kerja mendapatkan pekerjaan lebih cepat dan mendukung perusahaan dalam menemukan talenta siap kerja melalui program peningkatan keterampilan berbasis AI seperti JobRise dan JobReady, yang tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Program-program ini menitikberatkan pada pengembangan soft skill, pemanfaatan teknologi GenAI, serta pendampingan langsung melalui simulasi dan kolaborasi tatap muka.
Selain itu, lewat inisiatif Wadhwani Entrepreneurship Network (WEN), WF juga membekali wirausahawan muda dengan strategi bisnis yang praktis. Misi ini sejalan dengan pilar ketiga Asta Cita untuk memajukan pekerjaan berkualitas dan kewirausahaan, mendukung pencapaian Visi Indonesia Emas 2045.
Kolaborasi Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bersama Wadhwani Foundation (WF) ini menjadi langkah penting dalam memperkuat ekonomi digital sekaligus mempersiapkan generasi muda menghadapi dinamika teknologi yang terus berkembang. (*/IN)