Start-up Gen Z untuk eco Friendly Fashion

Start-up Gen Z untuk eco Friendly Fashion
START-UP Gen Z untuk eco Friendly Fashion. (foto:istimewa)

INSPIRASI NUSANTARA— Generasi Z atau Gen Z, yang dikenal sebagai generasi paling sadar lingkungan dan inovatif, kini mulai mendominasi industri startup, termasuk di sektor mode. Salah satu tren yang semakin menonjol adalah munculnya startup yang fokus pada fashion ramah lingkungan.

Inisiatif ini tidak hanya menjawab kebutuhan akan gaya hidup yang berkelanjutan tetapi juga memberikan solusi nyata terhadap krisis lingkungan global.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh First Insight, sebanyak 73% dari konsumen Gen Z bersedia membayar lebih untuk produk-produk berkelanjutan.

Produk fashion yang berkelanjutan sering kali lebih mahal dibandingkan dengan produk fast fashion, yang diproduksi massal dengan harga lebih murah.

Selain itu, kebiasaan konsumsi fast fashion sudah mengakar kuat. Brand besar menawarkan koleksi pakaian baru hampir setiap minggu dengan harga yang sangat murah, sehingga membuat konsumen tergoda untuk membeli lebih sering.

Intinya, generasi Z lebih menunjukkan bahwa fashion tidak hanya tentang gaya, tetapi juga tentang nilai-nilai dan dampak yang kita berikan pada dunia. Dengan memilih fashion yang berkelanjutan, kita dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan membangun masa depan yang lebih baik. (*/IN)

 

Sumber:

• First Insight Report, 2021, “The State of Consumer Spending: Gen Z Shoppers Demand Sustainable Retail Practices”
• BBC Future, 2020, “Can Gen Z really change the world through fashion?”
Penulis: Priskawati Pakila’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *