IN, MAKASSAR— Suara Baekhyun tentu tak asing di telinga para pecinta drama Korea (drakor). Menyanyikan banyak lagu tema, vokalis utama Exo itu, bahkan dijuluki King of Ost/Original Soundtrack (Raja Lagu Tema).
Puncak kejayaan karir Baekhyun sebagai pengisi lagu tema ialah pada tahun 2020. Saat itu, suaranya mengisi hampir 10 drama selama setahun.
Salah satu lagu tema yang ia nyanyikan berjudul My Love yang dibawakannya untuk mengisi drama Romantic Doctor, Teacher Kim 2 atau yang lebih dikenal dengan Dr. Romantic musim kedua. Pada musim ketiga, pada tahun 2023, Baekhyun juga mengisi lagu tema drama tersebut dengan judul Hello.
Baekhyun sendiri adalah anggota EXO, salah satu boy band K-Pop paling populer di dunia. Popularitasnya sebagai anggota EXO dan artis solo memberikan dorongan bagi drama yang menampilkan OST yang dinyanyikannya.
Karir awalnya sebagai pengisi lagu tema ialah pada 2015. Setelah itu, ia terus mendapat kepercayaan untuk mengisi lagu tema dalam berbagai drama.
Baekhyun telah menyanyikan banyak lagu untuk berbagai drama Korea populer. Dari drama romantis hingga drama fantasi, lagu-lagu OST-nya selalu mendapatkan perhatian dan pujian dari penggemar. Beberapa Daftar OST populermya antara lain:
1. Beautiful (EXO NEXT DOOR, 2015)
2. For You (MOON LOVERS: SCARLET HEART RYEO, 2016)
3. Take Me Home Tonight (BE POSITIVE, 2016)
4. The Day (MONEY FLOWER, 2017)
5. Take You Home (THE BEST HIT, 2017)
6. Be My Love (LOVE PLAYLIST, 2017)
7. Some One Like You (LIVE, 2018)
8. Crush (HYENA, 2020)
9. Love Again (DO YOU LIKE BRAHMS?, 2020)
10. My Love (ROMANTIC DOCTOR, TEACHER KIM 2, 2020)
11. Every Second (RECORD OF YOUTH, 2020)
12. Beautiful ft Suzy (RECORD OF YOUTH, 2020)
13. Happy (LIVE ON, 2020)
14. On the Road (HYENA, 2020)
15. U (DOOM AT YOUR SERVICE, 2020)
16. It’s Me (THE LOVE OF THE RED SKY, 2021)
17. Hello (DR. ROMANTIC 3, 2023)
Baekhyun juga telah menerima berbagai penghargaan dan nominasi atas karyanya di bidang OST. Pengakuan ini menunjukkan bahwa kontribusinya di dunia OST sangat dihargai, tidak hanya oleh penonton, tetapi juga oleh para profesional dalam industri hiburan. (*/kta)