Ragam  

Apa itu Ekinerja? Calon ASN Pemprov Sulsel Wajib Tahu Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

EKINERJA. Pegawai lingkup pemprov harus mengetahui tentang Ekinerja. (Foto:IST/EkinerjaPemprovSulsel)

IN, MAKASSAR – Ekinerja adalah suatu sistem yang digunakan untuk memantau aktivitas para pegawai lingkup Pemprov Sulsel saat jam kerja, apakah pegawai tersebut melakukan kegiatan atau tidak. Hal ini akan diketahui oleh atasan langsung dari laporan kerja pegawai yang dilakukan setiap tahun ataun setiap bulan.

Ekinerja Sulsel dilatarbelakangi oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) di mana berisi tentang tuntutan untuk reformasi birokrasi mewujudkan ASN/PNS yang memiliki integritas, professional, netral, dan bebas KKN. Penggunaan aplikasi Ekinerja di lingkungan Pemprov Sulsel sendiri baru dimulai pada tahun 2018.

Ekinerja juga berfungsi untuk memantau aktivitas para pegawai. Dari laman resmi Pemprov Sulsel, Ekinerja merupakan sistem kinerja pegawai BKAD (Badan Kerja Sama Antar-Desa)) yang juga dapat dijadikan dasar pembuatan laporan perjanjian kinerja pegawai.

Kebijakan Ekinerja ini diharappkan akan menjadi motivasi bagi para pegawai untuk meningkatkan kinerjanya dan membuat pegawai yang tadinya tidak disiplin dalam bekerja menjadi lebih rajin dalam bekerja dan memiliki daya saing yang tinggi.

Sebelum adanya penerapan sistem aplikasi e-kinerja, pengukuran kinerja pegawai dilakukan dengan menggunakan sistem manual yaitu DP3 (Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan). Seiring dengan perkembangan zaman, penilaian prestasi kerja PNS dengan menggunakan DP3 sudah tidak relevan lagi.

Selain memudahkan dalam menginput pekerjaan dan membuat laporan, dikembangkannya aplikasi ini diharapkan dapat menjadi instrumen pendukung dalam mengambil keputusan.

Dilansir dari Naik Pangkat, tujuan dan manfaat dari hadirnya aplikasi Ekinerja adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan performa atau kinerja organisasi dan aparatur
2. Meningkatkan kesejahteraan aparatur dengan berpedoman pada prinsip keadilan equal job for equal pay
3. Mendorong terciptanya semangat berkompetisi yang sehat antar aparatur
4. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia
5. Menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kerja
6. Merekam setiap pekerjaan harian yang dilakukan aparatur sesuai dengan jabatan dan beban kerjanya
7. Menjadi salah satu alat dalam penataan dan penyempurnaan organisasi
8. Sebagai alat ukur prestasi kerja organisasi dan aparatur

Adapun cara mengoperasikan aplikasi Ekinerja ini secara umum, yaitu sebagai berikut:

1. Akses aplikasi Ekinerja dapat dilakukan di laman: https://ekinerja-dev.sulselprov.go.id/login

2. Setelah diarahkan pada menu utama, lakukan “login” dengan mengisi form yang telah disediakan. Isikan pada kolom “username” dengan NIP atau Nomor Induk Pegawai dan “password” menggunakan delapan angka pertama dari NIP. Setelah itu klik masuk atau login.

3. Proses login yang berhasil akan diarahkan pada halaman website Ekinerja. Umumnya terdapat tujuh menu yang terletak dibagian kiri website. Menu – menu tersebut meliputi dashboard, input pimpinan, progres pekerjaan, sasaran pegawai, kegiatan harian, laporan, dan unduh panduan.

4. Di bagian “pengumuman”, terdapat notifikasi yang berkaitan dengan kesalahan data. Apabila terjadi kesalahan dan ketidaksesuaian data, dapat melakukan perbaikan melalui BKD Bidang Administrasi Kepegawaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *