IN, MAKASSAR -– Subaltern Institute menggelar diskusi bertajuk Cultural and Religius Studies pada Sabtu (1/3/2025) di Makassar. Kegiatan ini menghadirkan Rektor Institut Sastra Makassar, Aslan Abidin, yang membahas peran penting Timur Tengah dalam perkembangan ilmu pengetahuan serta bagaimana filsafat Yunani dan Roma memengaruhi kebangkitan intelektual di dunia Islam dan Eropa.
Dalam pemaparannya, Aslan menjelaskan bahwa filsafat Yunani dan Roma yang sempat ditinggalkan pada masa kejayaannya, kemudian dibawa ke Timur Tengah. Ia menyoroti peran Cleopatra dalam mendirikan perpustakaan besar di Alexandria, yang menjadi pusat ilmu pengetahuan, sebelum akhirnya terbakar pada masa Alexander.
“Meskipun banyak pengetahuan hilang akibat peristiwa tersebut, warisan intelektual dari Yunani dan Roma tetap dilestarikan dan dikembangkan oleh para ilmuwan Muslim,” jelas Aslan.
Aslan yang juga merupakan Dosen Bahasa dan Sastra UNM itu menegaskan bahwa pada abad ke-8, dunia Islam mengalami kemajuan pesat dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama dalam filsafat, kedokteran, dan matematika. Di saat yang sama, Eropa mengalami kemunduran intelektual akibat berbagai konflik dan ketidakstabilan politik. Pemikiran Yunani dan Roma kemudian dipelajari, dikembangkan, dan disempurnakan oleh para cendekiawan Muslim, termasuk tokoh-tokoh besar seperti Ibn Sina dan Al-Farabi.
Diskusi ini juga menyinggung munculnya metode berpikir baru di Eropa yang biasa disebut Aufklarung. Menjadi salah satu faktor yang mendorong kebangkitan intelektual di dunia Barat. Pada masa ini, filsafat Yunani dan Roma kembali dipelajari oleh para ilmuwan Eropa, yang menandai era kelahiran kembali ilmu pengetahuan setelah berabad-abad mengalami stagnasi.
Kegiatan yang berlangsung di Subaltern Institute ini dihadiri oleh akademisi, mahasiswa, dan pemerhati ilmu pengetahuan. Diskusi ini memberikan wawasan mendalam mengenai bagaimana Timur Tengah berperan sebagai jembatan dalam melestarikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan sebelum akhirnya diadopsi kembali oleh dunia Barat. (*/IN)