Cara Login dan Manfaat eKinerja BKN untuk ASN

Cara Login dan Manfaat eKinerja BKN
E-KINERJA. Cara Login dan Manfaat eKinerja BKN. (foto:istimewa)

INSPIRASI NUSANTARA–Mempermudah pengawasan dan evaluasi kinerja, eKinerja BKN hadir sebagai platform digital terbaru yang mengintegrasikan data kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia.

Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia wajib mengetahui cara login ke platform eKinerja BKN, yang merupakan alat penting untuk pengawasan dan evaluasi kinerja ASN di seluruh tanah air.

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 11 Tahun 2023, eKinerja BKN menjadi platform digital yang mengintegrasikan data kinerja ASN dengan tujuan mempermudah proses pengambilan keputusan di tingkat manajerial.

Proses Login eKinerja BKN

Untuk memulai, ASN dapat mengakses eKinerja BKN melalui situs resmi di https://kinerja.bkn.go.id. Setelah membuka halaman utama, pengguna akan diminta untuk login menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan password MySAPK.

Apabila lupa password, pengguna dapat memanfaatkan fitur “Reset Password” di aplikasi MySAPK melalui https://mysapk.bkn.go.id. Setelah berhasil login, ASN akan diarahkan ke halaman Daftar SKP, yang menampilkan semua daftar SKP yang telah dibuat.

Fitur dan Manfaat eKinerja BKN

Platform eKinerja menawarkan berbagai fitur yang mempermudah pemantauan kinerja ASN, di antaranya adalah pembuatan dan pemantauan SKP, manajemen tim kerja, serta analisis kurva penilaian.

Beberapa menu utama yang dapat diakses di halaman Daftar SKP meliputi:

1. Menu SKP: Untuk membuat dan mengelola SKP, serta melakukan penilaian terhadap bawahan.

2. Menu Tim Kerja: Menampilkan tim kerja yang Anda ikuti dan memudahkan pembuatan tim kerja untuk atasan.

3. Menu Monitoring Kurva: Menyajikan data kurva penilaian kinerja untuk periode tertentu.

4. Menu Monitoring Pengisian: Dashboard yang memantau pengisian SKP setiap unit instansi.

5. Menu Manajemen Unor: Mengatur posisi Unor di instansi.

6. Menu Manajemen Pegawai: Mengelola jabatan dan Unor pegawai.

Keunggulan utama eKinerja adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan data kinerja ASN dari seluruh Indonesia, menyajikan informasi dalam bentuk yang lebih mudah dipahami oleh berbagai pihak. Ini memudahkan pengambilan keputusan berbasis data yang akurat, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dengan eKinerja, proses evaluasi kinerja ASN dapat dilakukan secara lebih efisien dan transparan, yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan profesionalisme ASN dan pelayanan publik yang lebih baik. (fit/in)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *