Penjualan Mobil Kurang Memuaskan di Sepanjang Tahun 2023

PENJUALAN MOBIL. penjualan kendaraan rosa empat merosot di sepanjang tahun 2023. (Foto:Ilustrasi/Google)

IN, MAKASSAR – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengelurkan data penjualan kendaraan roda empat (mobil)  yang mulai lesu di tahun 2023. Penjualan wholesales (pabrik ke dealer) mobil nasional terkoreksi 4% year on year (YoY) menjadi 1.005.802 unit sepanjang Januari-Desember 2023. Lalu, penjualan retail (dealer ke konsumen) mobil nasional juga turun 1,5% YoY menjadi 998.059 unit.

Padahal, target penjualan mobil nasional tahun 2023 sebesar 1,05 juta unit. Sedangkan untuk tahun 2024, Gaikindo menargetkan penjualan mobil dapat mencapai 1,1 juta unit.

Pelemahan pasar mobil di Indonesia semakin jelas saat pertengahan semester II-2023. Penjualan mobil di kategori wholesales sempat anjlok 10,1% month to month (mtm) pada September 2023.

Kalla Toyota Boyong  Platinum Achievement di Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional 2023

Begitu pula dengan penjualan mobil di kategori retail merosot 6,2% mtm. Bukan hanya itu, penjualan wholesales mobil nasional sempat naik tipis 0,5% mtm pada Oktober 2023. Namun, penjualan retail mobil nasional kembali turun 1,9% mtm pada bulan tersebut.

Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) otomotif membukukan penjualan mobil yang bervariasi. Toyota sebagai pemimpin pasar mobil Tanah Air mengalami penurunan penjualan retail sebesar 1,25% YoY menjadi 325.395 unit hingga akhir 2023.

Sebaliknya, Daihatsu berhasil meraih kenaikan penjualan retail sebesar 2,89% YoY menjadi 194.108 unit pada tahun 2023. Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Tri Mulyono menklaim, kondisi ekonomi Indonesia masih sanggup menopang penjualan Daihatsu sepanjang tahun lalu.

Ditambah lagi, pertumbuhan pasar otomotif juga terjadi di segmen-segmen yang cukup dikuasai oleh Daihatsu, seperti Low Cost Green Car (LCGC) dan komersial. Sigra masih menjadi model dengan kontribusi penjualan terbesar bagi Daihatsu pada 2023 yakni 32%. Setelah itu diikuti oleh Grand Max Pick Up (22%) dan Terios (13%).

Daihatsu bertekad untuk terus menggenjot penjualan mobilnya pada 2024 sekalipun terdapat sentimen seperti perhelatan Pemilu serentak. “Kami tetap menargetkan dapat mempertahankan peringkat kedua di pasar mobil nasional,” ujar Tri.

Kinerja positif juga ditunjukkan oleh Honda yang meraih kenaikan penjualan retail 2,07% YoY menjadi 128.010 unit hingga akhir 2023. Honda kini menempati peringkat ketiga dalam pasar mobil Indonesia.

Sales and Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy menyebut, permintaan konsumen terbilang tinggi bagi Honda, terutama untuk model andalan seperti Brio, WR-V, dan HR-V.

“Penyegaran produk dan program penjualan yang meringankan konsumen juga menjadi faktor yang mendukung penjualan Honda tahun lalu,” kata dia.

Asal tahu saja, tahun lalu HPM merilis dua model mobil hybrid baru di Indonesia yakni All-New CR-V e:HEV dan All-New Accord e:HEV. Honda memprediksi, pasar otomotif nasional akan lebih menantang pada 2024, mengingat adanya pengaruh dinamika kondisi politik dan ekonomi nasional maupun global.

Oleh karena itu, selain kembali melakukan penyegaran pasar lewat produk-produk baru, Honda juga berusaha mengatur tingkat produksi dan pasokan untuk mengantisipasi situasi pasar yang kemungkinan sulit diprediksi.

Sementara itu, Suzuki mengalami penurunan penjualan retail 7,66% YoY menjadi 82.244 unit pada penghujung tahun 2023. Suzuki berada di peringkat keempat pasar mobil Tanah Air.

Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales mengakui, tahun lalu pasar otomotif bergerak dinamis lantaran berbagai faktor. Suzuki pun menganggap hasil penjualan mobil tahun lalu masih dalam level yang cukup terjaga. Model seperti New Carry, XL7, dan Ertiga masih mendominasi penjualan Suzuki sepanjang tahun lalu.

Pihak Suzuki menganggap tahun 2024 akan cukup menantang sekaligus penuh peluang. Suzuki berkomitmen terus menjaga kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan konsumen yang ditunjang dengan beragam promo dan layanan optimal.

“Suzuki juga akan memperkenalkan beberapa pembaruan model untuk menjaga daya tarik dan permintaan dari masyarakat,” tandas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *